PT Vale Indonesia Tbk: Produksi triwulan kedua tahun 2015 mengalami peningkatan sementara biaya tetap kompetitif

30/07/2015

PT Vale Indonesia Tbk: Produksi triwulan kedua tahun 2015 mengalami peningkatan sementara biaya tetap kompetitif

Jakarta, 30 Juli 2015 – Hari ini PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale” atau “Perseroan”, IDX Ticker: INCO) mengumumkan pencapaian kinerja untuk triwulan kedua tahun 2015 yang belum diaudit (2T15). Produksi untuk 2T15 naik menjadi 19.251 metrik ton (t), meningkat 10% dibandingkan triwulan sebelumnya dan tetap sesuai rencana produksi untuk mencapai target sekitar 80.000 t untuk tahun 2015. Harga realisasi nikel di triwulan kedua 11% lebih rendah dibandingkan triwulan pertama.

“Kami terus memantau volatilitas harga ini dan lebih penting lagi kami senantiasa berupaya meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya‐biaya,” kata Nico Kanter, CEO dan Presiden Direktur Perseroan. “Memang Perseroan diuntungkan dengan rendahnya harga minyak sekarang namun hal ini tidak akan mengurangi tekad kami untuk terus melakukan perbaikan lebih lanjut pada semua aspek bisnis.”

Tabel berikut menunjukkan Minyak Bakar Bersulfur Tinggi (HSFO) PT Vale, bahan bakar diesel dan konsumsi batu bara di 2T15, 1T15, 1H15 dan 1H14. Ini juga menggambarkan manfaat dari rendahnya harga di 2T15 yang secara signifikan lebih rendah dari harga di tahun 2014.

Q22015_PTVale_EN.jpg

Selain mendapatkan keuntungan dari harga‐harga yang lebih murah, rendahnya biaya bahan bakar dan pelumas juga mencerminkan peningkatan efisiensi operasional yang berkelanjutan. Konsumsi minyak per metrik ton ‐ baik untuk HSFO dan minyak diesel ‐ relatif stabil dari triwulan sebelumnya. PT Vale bertekad untuk mempertahankan tingkat konsumsi ini. Penurunan komponen biaya lainnya, termasuk biaya persediaan dan biaya karyawan juga memberikan kontribusi terhadap penurunan beban pokok pendapatan.

Upaya‐upaya tersebut menyebabkan PT Vale berhasil mencatat beban pokok pendapatan kas per unit triwulanan terendah dalam lima tahun terakhir di 2T15.

Dengan demikian Perseroan berhasil mencatat laba sebesar AS$16,8 juta untuk periode 2T15, atau menurun 33% dari 1T15.

Selain mengendalikan biaya, untuk mengantisipasi berlanjutnya fluktuasi harga nikel yang tidak menguntungkan saat ini, PT Vale senantiasa mengelola arus kasnya dengan hati‐hati. Kas dan setara kas Perseroan pada 31 Juni 2015 dan 31 Maret 2015 masing‐masing sebesar AS$270,1 juta dan AS$328,2 juta sementara Perseroan mengeluarkan sekitar AS$27,7 juta di 2T15 sebagai belanja modal.

Perseroan terus mengevaluasi rencana belanja modalnya di tengah kondisi harga nikel yang rendah. Namun evaluasi ini tidak akan mempengaruhi kepatuhan Perseroan terhadap peraturan, penurunan biaya, produksi atau kelangsungan operasi. Ini termasuk langkahlangkah seperti memanfaatkan daya yang tersedia dari pembangkit listrik tenaga air dan debottlenecking pabrik pengolahan Perseroan.

Oleh karena itu manajemen PT Vale berkeyakinan bahwa Perseroan telah berada di jalur yang tepat untuk melaksanakan strateginya memastikan rencana pertumbuhan jangka panjang yang menguntungkan dengan meningkatkan efisiensi dan keunggulan biaya serta memaksimalkan produksi melalui keunggulan operasional.

Kami menghimbau pembaca untuk melihat ikhtisar pencapaian Perseroan. Pencapaian operasional dan hasil keuangan yang belum diaudit telah dirangkum pada halaman‐halaman selanjutnya.

Klik di sini untuk mengunduh siaran pers selengkapnya

Klik di sini untuk mendapatkan Laporan Keuangan PT Vale Indonesia 2Q15

For further information, please contact:
Febriany Eddy, Chief Financial Officer
ptvi.investorrelations@vale.com
PT Vale Indonesia Tbk
Plaza Bapindo, Citibank Tower 22nd fl,
Jl. Jend. Sudirman Kav. 54-55, Jakarta 12190, Indonesia
Tel: +62-21 5249000 Fax.: +62-21 5249010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s